Rumah Minimalis 2 Lantai

Saturday, April 4th 2015. | Rumah Minimalis

Saat lahan yang ada cukup terbatas, sedangkan kebutuhan ruang relatif besar, rumah minimalis 2 lantai adalah solusi yang cukup masuk akal. Lahan tempat bangunan hunian, relatif merupakan permasalahan yang sulit untuk dirubah. Atau kendatipun bisa dirubah, tentu akan memerlukan biaya yang sangat besar, mengingat harga tanah yang kian melambung. Pada sisi lain, kebutuhan akan ruang dalam sebuah hunian, tentulah juga merupakan kebutuhan dasar yang selayaknya terpenuhi untuk menunjang aktivitas sehari-hari di dalam rumah. Rumah minimalis 2 lantai memang relatif membutuhkan biaya lebih tinggi dari segi struktur dan dalam masa konstruksinya, namun ke-efektifan nya dalam menjawab dua permasalahan tadi, tidak perlu diragukan lagi.

Selain dari sisi fungsional tersebut, tampilan fasad rumah minimalis 2 lantai juga akan berkesan lebih gagah dan berwibawa. Hal ini tentu merupakan suatu nilai tambah pada sisi eksterior rumah. Bidang dinding yang ter-ekspos lebih banyak, memungkinkan lebih banyak desain kreatif yang bisa di-aplikasikan. Baik itu berupa bidang-bidang yang terbentuk dari jendela, pintu, kolom dan balok, ataupun dari ekspos plafon pada tritis atap, atau balkon, yang akan lebih jelas terlihat. Ekspos dinding yang lebih banyak pada rumah minimalis 2 lantai, tentu saja juga memberikan kontribusi untuk memberi kesan lega pada rumah.

Rumah Minimalis Modern 2 LantaiGambar di atas merupakan contoh sebuah rumah minimalis 2 lantai dengan tampilan fasad yang menggunakan penonjolan ekspos plafon dengan tema kayu yang hangat pada bagian balkon. Kesan hangat pada gambar di atas, diperkuat dengan bidang-bidang besar yang dibentuk oleh bukaan jendela dan pintu dengan bahan kaca yang meneruskan cahaya. Saat petang tiba, berkas cahaya lampu dari bagian dalam rumah yang tampak melalui jendela rumah minimalis 2 lantai tersebut, menambah kesan hangat dengan bias kekuningan. Bidang dinding sebenarnya terkesan sempit dengan keberadaan banyak garis dari kusen jendela, namun keberadaan balkon dengan plafon lebar yang di-ekspos mampu menjadi penyeimbang, sehingga fasad rumah secara keseluruhan tetap berkesan lega. Lega sekaligus hangat, terasa sangat homy.

Galeri Rumah Minimalis 2 Lantai

Hal-hal yang terutama harus diperhatikan jika kita hendak membuat rumah minimalis 2 lantai, antara lain keamanan struktur bangunan, terjaminnya sirkulasi udara dan cahaya yang baik, serta pengaturan ruang, ruang apa saja yang diletakkan di lantai 1 dan lantai 2.

tags: ,